22 November 2010

CARA MENENTUKAN APAKAH KELINCI ANDA HAMIL ATAU TIDAK


melakukan palpasi(meraba bagian perut kelinci secara lembut dan perlahan) pada hari ke 11-14 hari setelah terjadi proses perkawinan. namun jika anda tidak merasakan apa-apa jangan sekali-kali menekan perut kelinci anda sevara kasar, karenaitu akan menyiksa si kelinci. saya telah melihat video yang mengajarkan bagaimana cara memposisikan tangan mulai dari bagian perut depan(diantara kedua kaki depan kelinci). tempatkan ibu jari anda pada salah satu sisi dan jari yang lain di sekitarnya. berikan sedikit tekanan secara lembut dan hati-hati pada jari anda kemudian tarik jari anda melewati tubuh kelinci betina (ingat, cara ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati) sampai anda merasakan adanya benjolan yang dilalui oleh oleh jari anda. benjolan yang mungkin anda rasakan adalah sebesar kacang polong.
saya meletakkan kelinci betina di atas meja di depan saya dengan wajah ke arahku. saya menggunakan kedua tangan untuk merasakan perutnya, pertama saya memposisikan jari saya untuk meraba bagian perut kelinci betina secara lembut, jika kelinci betina tersebut sedang hamil maka anda akan merasakan benjolan kecil yang dilalui oleh jari anda.
jika hasil palpasi anda adalah negatif, maka anda boleh mengawinkan kagi kelinci tersebut. tapi dengan catatan, anda harus betul-betul yakin bahwa kelinci anda memang benar-benar tidak sedang hamil.
cara lain yang bisa anda lakukan untuk menentukan kehamilan kelinci anda adalah dengan mengamati tingkah lakunya, walaupun tidak bisa dijadikan patokan 100% namun setidaknya bisa menjadi petunjuk. kelinci yang sedang hamil biasanya akan menjadi agresif, menggeram, menggigit dan defensif ketika didekati. selera makan kelinci yang sedang hamil juga biasanya akan meningkat sekitar 25% pada kehamilan 24 hari.