22 November 2010

CARA MEMBERSIHKAN KANDANG KELINCI
kandang kelinci yang terbuat dari kayu memang sedikit lebih sulit di bersihkan daripada kandang yang terbuat dari plastik ataupun besi. hal ini karena kandang kayu menyerap urin kelinci. anda pasti ingin mensterilkan kayu dan membersihkan kandang secara menyeluruh agar kelinci anda dapat hidup di tempat yang bersih dan sehat.
caranya:
1. singkirkan semua peralatan yang berada di dalam kandang kelinci.termasuk tempat makanan dan minuman kelinci. bersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam kandang kelinci. cuci semua peralatan tersebut menggunakan sabun pencuci piring, lalu bilas sampai bersih.

2. bersihkan semua kotoran kering yang dapat disapu menggunakan sapu lidi atau sikat.
3. keluarkan litter box jika kelinci anda menggunakannya.lalu kemudian bersihkan dan cuci menggunakan cabun pencuci piring dan air panas.
4. isi ember dengan mencampurkan air panas dan deterjen dan tambahkan 1/4 cangkir cuka. cuka akan membantu mendisinfeksi dan menyingkirkan setiap bau urin yang telah menyerap ke dalam kayu.
5. cuci bagian kayu dari kandang dengan campuran air tersebut dan kain. tidak usah khawatir jika larutan tersebut akan terserap ke dalam kayu kandang, karena dengan cara seperti itulah akan membersihkan sampai ke bagian serat kayu.
6. setelah kandang kering, pasang kembali perlengkapan kelinci anda seperti tempat pakan, botol air minum dan litter box yang telah bersih.

tips:
  1. pastikan anda mengeluarkan kelinci anda dari kandang sebelum anda mulai membersihkannya. bersihkan kandang kayu setiap minggu.
  2. pakailah sarung tangan karet ketika anda membersihkan kandang kelinci anda. ini akan melindungi anda dari urin dan kotoran kelinci. 
semoga bermanfaat. selamat mencoba...